DPRP: Ungkap Segera Pelaku Penembakan di Paniai - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :
Home » , » DPRP: Ungkap Segera Pelaku Penembakan di Paniai

DPRP: Ungkap Segera Pelaku Penembakan di Paniai

Written By Suara Wiyaimana Papua on Selasa, 23 Desember 2014 | Selasa, Desember 23, 2014

Korban penembakan brutal di Lapangan Karel Gobai, Enarotali, Paniai (Foto: Ist)
JAYAPURA, SUARAPAPUA.com --- Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak usah berspekulasi di media massa, apalagi mengelak dan menuding pihak lain sebagai pelaku, dalam insiden penembakan di Enarotali, Paniai, Senin (8/12/2014).

“Bukan komentar di media dengan nada ancaman, tetapi kasus penembakan itu harus segera diungkap, siapa pelakunya, peluru milik siapa, kan minggu lalu ada tim investigasi, dari TNI maupun Polri. Harap itu diungkap ke publik,” ujar Anggota DPRP, Ruben Magai, kepada suarapapua.com, Senin (22/12/2014).

Ruben mengemukakan hal ini menanggapi ancaman dari Kapolda Papua, Irjen (Pol) Drs. Yotje Mende yang hendak menggugat Ketua DPRP terpilih, Yunus Wonda, terkait desakan untuk mengungkap pelaku penembakan warga sipil di Paniai. (Baca: Aparat TNI/Polri Tembak Mati Empat Warga Sipil di Kabupaten Paniai)

Yunus Wonda, sebagaimana dilansir media massa beberapa hari lalu, menanggapi ancaman Kapolda, mengaku tak gentar karena suara wakil rakyat lebih pada mengingatkan tugas kepolisian menyelidiki dan mengungkap kasus penembakan tersebut.

Menurut Yunus, komentarnya tidak bermaksud menyudutkan institusi Polri ataupun TNI. Tetapi hendak mengingatkan bahwa senjata sebagai alat negara tidak disalahgunakan oknum anggota di lapangan, apalagi sampai menembak orang tanpa alasan jelas.

Ruben berpendapat, Kapolda Papua seharusnya tidak kebakaran jenggot dengan pernyataan Ketua DPRP.

“Ini kejadiannya sudah dua minggu lalu, kapan mau diungkap? Kita semua, tidak hanya keluarga korban, sedang tunggu hasil investigasinya. Apa hasil dari Polri dan TNI, perlu disampaikan. Sudah jelas pada saat kejadian di lapangan, banyak peluru berhamburan,” tuturnya.

Kehadiran aparat keamanan, kata Ruben, mestinya melindungi rakyat, bukan justru melakukan tindakan melanggar hukum, seperti menganiaya atau bahkan membunuh dengan alat negara. (Baca: Pdt. Rumbino: Senjata Jangan Dipakai Sembarangan Tembak Rakyat)

“Peluru dalam tubuh lima warga di Enarotali yang tewas tertembak itu pelurunya Polri atau TNI, itu yang harus diungkap segera. Dari situ kan jelas nanti siapa pelakunya dan pelaku harus dihukum, tidak boleh tidak,” ujarnya dengan tegas.

Menuding TPNPB/OPM sebagai pelaku dalam insiden berdarah di Lapangan Karel Gobai Enarotali, Senin (8/12/2014), menurut ketua sinode Gereja Kingmi di Tanah Papua, Dr. Benny Giay, harus dibuktikan dengan fakta.

Giay memaparkan data yang diterima, puluhan warga sipil ditembak dengan senjata di Lapangan Karel Gobai, bukan di Togokotu. Lapangan ini terletak di depan tiga kantor: Koramil, Polsek dan Kantor Distrik Paniai Timur.

Penembakan brutal di hari itu menewaskan lima orang, dan puluhan lainnya menderita luka serius. (Baca: Lagi, Satu Warga Paniai Tewas Ditembak TNI/Polri; Korban Jadi Lima Orang)

Tangisan umat Allah di Paniai, kata Giay, merupakan duka mendalam orang Papua. Apalagi jelang Natal, yang mestinya sedang bersukacita menyambut hari kelahiran Yesus.

“Kejadian ini sangat menyakitkan kami orang Papua, apalagi terjadi di bulan suci umat Kristiani,” kata Giay. (Baca: Forum Pimpinan Gereja Papua Kecam Pembantaian 5 Warga Sipil di Paniai)

Ditekankan, tuntutan semua pihak adalah usut tuntas insiden berdarah di Paniai. Institusi keamanan, lembaga negara dibawah kepemimpinan Jokowi-JK, harus dapat mengungkap kasus penembakan tersebut.


MARY

Sumber: Suara Papua
Share this article :

0 komentar:

.

.

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

GOD'S WORD DAILY DEVOTIONAL

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA