Diancam Kapolda karena Insiden Paniai, Ketua DPR Papua Tak Gentar - Suara Wiyaimana Papua
Headlines News :

.

.
Home » » Diancam Kapolda karena Insiden Paniai, Ketua DPR Papua Tak Gentar

Diancam Kapolda karena Insiden Paniai, Ketua DPR Papua Tak Gentar

Written By Suara Wiyaimana Papua on Jumat, 19 Desember 2014 | Jumat, Desember 19, 2014

Ketua DPR Papua Yunus Wonda – Jubi/Arjuna
Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan tak gentar dengan ancaman Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende yang berencana melayangkan gugatan hukum terhadap dirinya, karena dianggap menyudutkan polisi dalam kasus penembakan warga sipil di Paniai.
Yunus Wonda mengatakan, sebagai wakil rakyat sudah menjadi tugas DPR Papua untuk memperjuangkan setiap hak rakyat terutama orang asli Papua. Katanya, mengenai pernyataannya di media selama ini terkait kasus penembakan warga sipil di Paniai, ia berbicara atas nama lembaga yang ia pimpin.
“Mengenai peristiwa Paniai, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab saya sebagai anggota DPR Papua yang dipercayakan rakyat mewakili mereka untuk berbicara. Saya tak punya senjata, tapi saya punya kewajiban melindungi rakyat saya di tanah ini. Terutama orang asli Papua dimanapun dia berada. Saya tidak akan pernah takut dengan apapun, kecuali Tuhan,” kata Yunus Wonda, Kamis (18/12).
Menurutnya, orang Papua kini sudah jadi minoritas di atas tanahnya sendiri. Jangan lagi menumpahkan darah orang Papua. Jumlah mereka kini semakin sedikit. Katanya, statemennya di media selama ini tidak ada unsur provokasi, tapi memberikan catatan, agar aparat kemanan lebih profesional di Papua.
“Kenapa kita tidak bisa minta maaf kepada rakyat atas peristiwa itu. Tapi seakan-akan  penembakan hal biasa. Jadi tugas saya melindungi rakyat saya. Saya tak punya senjata tapi saya punya mulut untuk bicara,” ucapnya.
Dikatakan, kini bukan jaman Orde Baru lagi, dimana orang selalu dibungkam dan tak diberi kebebasan berbicara. Apa yang terjadi di Paniai menyangkut nyawa orang asli Papua.
“Saya tak akan pernah berhenti melindungi rakyat saya. Saya tidak gentar. Saya dipilih rakyat untuk kepentingan rakyat dan melindungi mereka. Dalam tiga sumpah janji saya, dua sumpah kepada bangsa dan negara dan satunya memperjuangkan aspirasi rakyat. Tidak hanya kesejahetraan dan ekonomi tapi lebih bagaimana melindungi hak-hak mereka,” katanya.
Sebelumnya, Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende mengatakan, menyayangkan pernyataan ketua DPR Papua, Yunus Wonda yang menyudutkan kepolisian dalam kasus penembakan di Paniai. Kapolda berencana menggugat yang bersangkutan jika nanti anak buahnya tak bersalah dalam tragedi paniai.
“Saya sangat menyesalkan dengan pernyataan Yunus Wonda, anggota DPRP. Kalau nanti anak buah saya tidak bersalah, saya akan gugat yang bersangkutan. Saya akan tantang, negara kita adalah negara hukum,” kata Kapolda Yotje kala itu. (Arjuna Pademme) 



Share this article :

0 komentar:

.

.

Pray For West Papua

Pray For West Papua

MELANESIANS IN WEST PAPUA

MELANESIANS IN WEST PAPUA

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

BIARKAN SENDIRI BERKIBAR

GOOGLE FOLLOWER

Traslate By Your Language

WEST PAPUA FREEDOM FIGHTER

WEST PAPUA

WEST PAPUA

VISITORS

Flag Counter
 
Support : WEST PAPUA | WEDAUMA | SUARA WIYAIMANA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2014. Suara Wiyaimana Papua - All Rights Reserved
Template Design by WIYAIPAI Published by SUARA WIYAIMANA